KABEL UTP
Unshielded Twisted Pair (disingkat UTP) adalah kabel yang umumnya digunakan sebagai alat untuk mentransfer data dalam suatu jaringan (LAN). Kabel ini memiliki rangkaian yang berpilin, semakin rapat pada lilitan maka semakin bagus pula kualitas kabel UTP. Kabel utp sedikit berbeda dengan kabel STP dari segi fisiknya maupun fungsinya.
Dengan memanfaatkan kabel UTP, maka kita dapat menghubungkan setiap jaringan komputer, server, router, switch, akses point dan lainnya sehingga menjadi sebuah jaringan yang disebut Local Area Network (LAN).

Fungsi kabel jaringan UTP telah dirasakan oleh banyak orang karena pengaplikasiannya memang sangat baik untuk digunakan sebagai kabel jaringan komputer. Beberapa tempat yang sudah memanfaatkan fungsi kabel jaringan UTP diantaranya yaitu perumahan, perkantoran dan beberapa perusahaan kecil.

KONFIGURASI KABEL CROSS DAN STRAIGHT
Alat dan Bahan Untuk Crimping Kabel UTP
1. Siapkan Tang crimping
Tang Crimping ini digunakan untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor RJ-45.
2. Kabel UTP
Merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer, dan menjadi alat komunikasi, kabel ini berisi 8 helai.
3. RJ45
Merupakan sebuah konektor yang natinya akan di pasang pada ujung kabel UTP
4. LAN Tester
Merupakan sebuah alat untuk menguji hasil crimping kita apakah semua susunan kabel sudah terpasang dengan benar atau belum 

Setelah persiapan bahan-bahan yang di perlukan diatas selanjutnya tinggal memulai untuk membuat kabel UTP di RJ45, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat dan crimping kabel UTP Straight dan Cross di RJ-45.

a. Kabel Straight
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai).
Penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
·       Menghubungkan antara computer dengan switch
·       Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
·       Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
·       Menghubungkan switch ke router
Sekarang akan kita bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Kupas ujung akbel UTP kira-kira 2 Cm
2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutkan kabel sesuai standar gambar
3. Setelah urutanya sesuai standar untuk pembuatan kabel UTP Straight, sekarang anda tinggal potong dan ratakan ujung kabel sehingga terlihat lurus

4. Masukkan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ45, dan pastikn semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi kabel dan warna sebagai berikut:
5. jika semua kabel sudah berada pada posisi yang pass dan benar selanjutnya anda tinggal melakukan prosses crimping pada kepala konektor RJ45 dengan menggunakan tang
6.  Crimping ujung yang lain dengan cara yang sama
7. jika semuanya sudah selesai anda tinggal mengujinya dengan bantuan LAN tester dan pastikan semua LED menyala semua

b. Kabel Cross
Kabel cross merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross.
Penggunaan kabel cross adalah sebagai berikut :
·       Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
·       Menghubungkan 2 buah switch
·       Menghubungkan 2 buah hub
·       Menghubungkan switch dengan hub
·       Menghubungkan komputer dengan router
Sekarang akan kita bahas cara pemasangannya. Yang kedua adalah cara memasang kabel UTP tipe crossover. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Untuk susunan kabel crossover adalah sebagai berikut
2. Setelah susunan selesai lakukan kembali crimping dengan menggunakan tang seperti dalam pembuatan kabel UTP Straight.


Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua.




Author : azmiadhani
Get connected with me on Reddit
Tags : Implementasi LAN

Terimakasih atas Kunjungannya!  
Kalau anda ingin mengetahui lebih dan ingin bertanya silahkan komen di bawah ini, tanggapan kalian sangatlah berharga bagi kami!
Thanks for Reading! 
We hope this post will help you out. If you have succeded or if you have any problem, don't be shy to ask on the comment below! We're hoping for your feedback:)

Comments/disqusion
No comments