Cara memperbaiki Xiaomi Yi yang gagal update atau bricked (Unbrick Xiaomi Yi)

\
Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalami atau sedang mengalami keadaan dimana kamera yicam atau sportcam favorit anda tidak bisa digunakan. Dan itu membuat kalian panik dan tidak tau harus bagaimana.
Hal ini juga pernah terjadi pada saya, karena saya melakukan step yang salah saat mengupgrade firmware sehingga menyebabkan kamera yicam saya bricked.

Q: Bagaimana tahu Yicam Anda rusak (Bricked) ?
A: Kamera akan mulai berbunyi setiap detik dengan lingkaran bercahaya setelah kalian mencoba untuk menyalakannya.

Sebelum kalian mulai menggunakan kamera atau mencoba untuk memperbarui melalui OTA/manual, pastikan kartu MicroSD kalian diformat dalam keadaan format FAT32. Format exFAT akan membuat kamera anda rusak saat diupdate/upgrade.

Apabila kamera yicam anda sudah terlanjur bricked, tenang, setiap hal yang rusak tidak selamanya rusak. Pasti ada cara untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah cara yang paling ampuh dan paling terjamin dalam hal meng Un-Brick kamera Xiaomi Yicam anda:




Untuk unbrick kamera Anda setelah memperbarui firmware yang gagal:

1. Anda akan membutuhkan FAT32 SD Card. Jangan gunakan exFAT untuk memperbarui firmware.

2. Matikan kamera, keluarkan baterai dan kartu SD.

3. Download YiCameraUnBrickFirmware.zip (lihat lampiran), ekstrak .ash  dan .bin untuk di SD Card Anda(Tidak didalam folder lain, persis diSDCard anda). FIle ini adalah firmware yicam versi 1.0.0 (default) dan Script yang akan mengupdate sendiri yicam anda ke versi 1.0.0.

4. Pasang SD Card dan baterai di kamera dan Nyalakan kamera anda. Kalian akan mendengar suara beep-beep sama seperti keaadan bricked, tapi itu wajar. Script akan meluncurkan proses update yang akan memakan waktu sekitar 8-10 menit. Kamera akan berbunyi 4-5 kali saat update selesai dan akan mati dengan sendirinya. Dan itu artinya anda berhasil mengunbrick kamera anda!

5. Jika proses update memakan waktu 10 menit dan tidak mati, lepaskan baterai dan periksalah kartu SD Anda. FIle .bin dan .ash seharusnya tidak ada sekarang dan Anda akan melihat folder DCIM dan MISC. Folder MISC akan memiliki file "item.bin" yang berukuran 56kb. Pasang baterai dan SD card kembali, hidupkan kamera dan biarkan kamera mengeluarkan bunyi beep-beep untuk beberapa menit. Tunggu kamera sampai berbunyi kurang lebih 4-5 kali kemudian silahkan matikan kamera. Setelah mati dengan benar, nyalakan lagi kamera dan seharusnya kamera anda sekarang sudah kembali normal seperti saat pertama kali anda membelinya!



Download File Firmware:
YiCameraUnbrickFirmware.zip



Author : azmiadhani
Get connected with me on Reddit
Tags : Cara memperbaiki Xiaomi Yi yang gagal update atau bricked (Unbrick Xiaomi Yi), Yicam bricked, cara upgrade xiaomi yi, xiaomi yi gagal update, xiaomi yi bunyi, xiaomi yi ga bisa nyala, xiaomi yi soft brick, unbrick xiaomi yi



Terimakasih atas Kunjungannya!  
Kalau ada ingin mengetahui lebih dan ingin bertanya silahkan komen di bawah ini, tanggapan kalian sangatlah berharga bagi kami!
Thanks for Reading! 
We hope this post will help you out. If you have succeded or if you have any problem, don't be shy to ask on the comment below! We're hoping for your feedback:)

Comments/disqusion
50 comments

  1. Salam hormat...

    barusan saya mengikuti petunjuk dengan benar. Tapi kenapa yi cam masih belum bisa menyala (death)
    ketika di tekan tombol power, hanya muncul kedip kedip merah di atas, belakang, bawah.
    bagaimana saya meng fix kan problem tersebut?


    Terimakasih,
    Davin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hromat juga mas davin

      Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi website kami dan mengikuti tutorial yang saya berikan.
      Dari kondisi yang anda sebutkan, bisa saya prediksikan bahwa xiaomi yi anda sepertinya mengalami masalah di power supply-nya (Pensupply Power agar xiaomi menyala).
      Hal ini bisa disebabkan oleh penchargean yang tidak sempurna (<90%) dan penggunaan Xiaomi Yi sampai batere 0%.
      Cara memperbaikinya adalah sbb :
      -Nyalakan xiaomi dan biarkan baterenya habis sama sekali (Dibiarkan menyala) sampai ketika habis dipencet tombol power tidak ada lampu yang menyala.
      -Cari charger yang Ampere-nya lebih besar dari charger sebelumnya (Bisa dilihat ditabung chargernya). Kalau tidak ada, gunakan charger lain yang Ampere-nya se-ukuran dengan yang sebelumnya digunakan.
      -Colokan langsung ke rumah colokan listrik yang tertanam di tembok atau di stabilizer listrik, jangan gunakan extention cable atau splitter (colokan 3 atau lebih yang biasa dipakai untuk menambah ruang colokan)
      -Charge sekitar kurang lebih 3 jam supaya batere penuh terisi.
      Semoga 'Fix' ini bisa membantu anda

      Terimakasih
      Azmi Adhani

      Delete
    2. Terimakasih sangat membantu!
      Xiaomi yicam saya sekarang bekerja seperti baru lagi!

      Delete
  2. Selamat malam, saya mengalami hal yg kurang lebih sama dengan di atas, sebelumnya saya tidak ada update firmware. Tapi tiba-tiba xiaoyi saya tidak bisa menyala, dan hanya berbunyi "beep" sekali di ikuti dengan tiga led yg menyala sekali saja, lalu tak terjadi apa-apa, xiaoyi saya tak bisa digunakan.
    Apakah cara di atas bisa menuntaskan masalah saya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung ke Detailz.xyz mas lukman.

      Kalau dilihat dari masalah mas, sepertinya itu masalah batere yang ngedrop, soalnya mas gaada update firmware. Coba mas pinjam batere Xiaomi yi temen atau keluarga mas, apabila xiaomi yi mas bisa menyala maka berarti ada masalah dibatere mas dan disarankan membeli batere xiaomi yi yang baru, kalau tidak bisa menyala maka mas bisa mencoba mengikuti cara diatas :)

      Regards,
      Admin of Detailz

      Delete
    2. saya sudah coba charge sampai penuh mas, bahkan sampai saya ikuti cara di blog berikut ini http://iariswidodo.blogspot.co.id/2016/03/how-to-unbrick-xiaomi-yi-action-camera.html tapi xiaoyi saya masih belum bisa berfungsi normal sampai sekarang.
      malam tadi saya berkonsultasi dengan seorang ahli servis, dia bilang IC Power nya bermasalah, apakah jika IC power bermasalah xiaoyi bisa berbunyi beep saat dinyalakan? mohon pencerahan nya mas

      Delete
    3. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke blog ini mas Lukman

      Apakah mas sudah mencoba memakai batere yang lain mas? Kalau menurut saya masalahnya ada di firmwarenya mas jadi itu gaada hubungannya dengan IC menurut saya mas apabila xiaomi masih bisa dinyalakan (Ada power)

      Regards,
      Azmiadhani

      Delete
    4. Hai mas Azmi, saya pernah coba pake baterai punya teman tapi hasilnya masih tetap sama, dan baterai saya di pasang di xiaoyi yg lain lancar-lancar aja mas
      Sepertinya masalah nya ada di firmware ya? Ada cara lain untuk install firmware mas? karena posisi sang kamera ini tidak bisa hidup dan sepertinya gak bisa ngikutin tutorial yg mas berikan

      Terimakasih

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam

      Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi website kami dan mengikuti tutorial yang saya berikan.
      Dari kondisi yang anda sebutkan, bisa saya prediksikan bahwa xiaomi yi anda sepertinya mengalami masalah di power supply-nya (Pensupply Power agar xiaomi menyala).
      Hal ini bisa disebabkan oleh penchargean yang tidak sempurna (<90%) dan penggunaan Xiaomi Yi sampai batere 0%.
      Cara memperbaikinya adalah sbb :
      -Nyalakan xiaomi dan biarkan baterenya habis sama sekali (Dibiarkan menyala) sampai ketika habis dipencet tombol power tidak ada lampu yang menyala.
      -Cari charger yang Ampere-nya lebih besar dari charger sebelumnya (Bisa dilihat ditabung chargernya). Kalau tidak ada, gunakan charger lain yang Ampere-nya se-ukuran dengan yang sebelumnya digunakan.
      -Colokan langsung ke rumah colokan listrik yang tertanam di tembok atau di stabilizer listrik, jangan gunakan extention cable atau splitter (colokan 3 atau lebih yang biasa dipakai untuk menambah ruang colokan)
      -Charge sekitar kurang lebih 3 jam supaya batere penuh terisi.
      Semoga 'Fix' ini bisa membantu anda

      Terimakasih
      Azmi Adhani

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. pagi mas azmi...
    yi cam saya tiba tiba mati.. waktu saya bawa main. kondisi pertama seperti ini mas.
    dipencet cuma lampu merah yang hidup sekali. tapi tidak ada respon.. kalau di charger lampu hidup merah tapi tidak bisa hidup.
    video ini maas
    https://twitter.com/boboMacan/status/727401072197664768
    saya udah minta saran disuruh update firmware di http://www.xiaoyi.com/update/sports. kebetetulan punya saya serinya 23S setelah saya ikuti tapi hasilnya sama saja mas. karena sebal saya tinggal.

    selang beberapa hari saya coba lagi dengan Download YiCameraUnBrickFirmware.zip saya coba hidupin... sekarang berubah berkedip kedip dan terus berbunyi bip. setelah beberapa menit.. bip nya berubah seperti di video.
    https://twitter.com/boboMacan/status/730640306480128000
    yi cam saya terus berbunyi sampai 15menit mas. ahkitnya saya menyerah saya cabut batrai.. saya coba matikan dan saya coba beberapa kali. samapai suatu kesempatan tiba tiba yi cam saya mau menyala mas.
    saya kira masalah sudah selesai. yi cam saya sudah hidup.
    tapi ternyata setiap yicam saya saya matikan dan saya biarkan beberapa waktu. waktu dihidupkan yicam saya tidak menyala.. cumka berbunyi bip bip bip bip lama sekali. kadang mau menyala. kadang tidak.
    kalaupun mau menyala pasti hanya sebentar... trus mati dan disconnect. ketika dihidupin kadang bisa langsung. kadang tidak.
    dan sekarang saat saya mengetik ini..yi cam saya masih belum mau meyala dan masih berbunyi bip bip.
    adakah yang tau kenapa?
    makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas Lukas Raditya:)

      Sebelumnya terimakasih banyak sudah berkunjung ke Detailz.xyz
      Dilihat dari keadaan yicam mas sekarang yang istilahnya 'angin-anginan' kondisinya kadang bisa nyala, kadang ga bisa, saya bisa menyarankan mas Lukas coba mengupgrade firmwarenya, kemungkinan ada kerusakan dibagian firmware sehingga xiaomi mas Lukas mengalami masalah seperti : Tiba-tiba mati, disconnect, wifi tidak nyala.
      Kalau bisa dalam proses upgrade firmware mas Lukas harus mengikuti step-by-stepnya tanpa ada kesalahan supaya tidak terjadi bricked di xiaomi yi anda:)

      Regards,
      Azmi Adhani

      Delete
  6. siang mas azmi ini mau tanya :(
    sebelumnya yi cam nya kadang bisa hidup kadang nggak batrenya juga udah penuh trus ngikutin di blog http://www.amw-android.my.id/2015/08/mengatasi-xiaomi-yi-deathbricked.html malah yi cam nya bunyi bep kaya detik jam gabisa berhenti sampe 15 mnt udah saya ulang" langkah"nya di blog itu sampe kzl dan menyerah. saya hidupkan terus ya tetep bunti bep seperti detik gak berhenti-henti.
    tolong kasih solusinya? saya jadi bingung ngikut blog yang mana :3

    ReplyDelete
  7. Mlm mz azim xiaomi yi punya saya setelah 1mggu gk saya gunaiin.saya ces paki ces 2a lampu indikator pengisian menyala merah.selang sekitar 10mnt lampu indikator mati.tapi xiaomi gk mau nyalah udh saya pencet power berkali2 ttp sama.udh ganti battry sama carger gak ada berubahan.kira kira kenapa and solusiny bagaimana

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Malam mas azmi
    Saya punya xiaomi yi lama nggak saya pake terus waktu mau dinyalain yang nyala cuman 3 lednya itu pun cuma sekali terus saya coba ganti batre baru xiaomi yi cam saya bisa nyala tapi besoknya mati lagi hanya nyala 3led itu pun cuma sekali,saya mencoba bertanya ke service an katanya rusak ic flashnya.apakah benar rusak ic flashnya? Jika salah adakah solusinya untuk mengatasi xiaomi yi cam saya
    Makasih mas azmi

    ReplyDelete
  10. selamat pagi mas azmi adhani..
    mohon pencerahan nya,sya sudah melakukan petunjuk di atas tetapi yicam sya tidak ada respon dan selalu bunyi beep tiap detik beserta lampu LED nya..
    apa yicam saya masi di atasi atau masi bisa selamat?

    ReplyDelete
  11. Selamat malam mas azmi
    Gini mas saya sudah mengikuti tutorialnya. pas dihidupkan yg tdnya lampu yi warnanya merah ganti biru. Tp bberapa saat kemudian lampu birunya ganti seperti semula (warna merah) itu gimana ya mas solusinya

    ReplyDelete
  12. selamat siang Mas Azmi..

    saya ingin menanyakan perihal aplikasi yi camera. saat ini saya menggunakan device Samsung galaxy tab 3.8 .
    kendalanya ketika ingin melakukan edit di menu setting selalu tidak bisa. apakah karna installernya tidak compatible dengan device saya ? dimana ketika saya chek untuk firmwarenya sudah yg terbaru..

    ReplyDelete
  13. Selamat Sore Mas Azmi...
    Yi saya bunyi "beep" setiap detik tanpa ada warna lampu merah? itu biasanya kenapa ya?
    Apakah cara di atas bisa menjadi solusinya?

    Terima Kasih
    Hardi

    ReplyDelete
  14. Pagi mas. Saya maua tanya tempo hari saya masih bisa menggunakan xiaoyi saya dengan baik. Tapi keesokannya tidak bisa menyala sama sekali. Padahal batrai yang di cas sudah full dan tidak ada tombol yang menyala sekalipun apalagi bunyi bipbip. Itu kenapa ya mas ? Apakah termasuk unbrick atau apa ? Apa ada solusinya ?


    Terimakasih

    ReplyDelete
  15. kamera yi cam saya yang menyala hanya lampu ats bawah belakang berwarna merah ketika di nyalakan tombol power, itu kenapa ya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  16. kamera yi cam saya yang menyala hanya lampu ats bawah belakang berwarna merah ketika di nyalakan tombol power, itu kenapa ya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  17. Selamat siang mas. saya mau menanyakan masalah yang terjadi di Yi Cam saya seperti di video youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=4VUnMiHKuXI . Bagaimana solusinya mas , Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  18. mohon bantuanya
    Kamera Xiaomi Yi saya tidak bisa menyimpan hasil jpretan, pada aplikasi android terdapat tulisan SD Card Not Found...
    apa yang harus saya lakukan

    Terimakasih
    Apdal

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum...
    Mohon bantuannya..
    Kalo punya saya masalahnya.. klo mau di conekin di hp .. kok malah mati YIcamnya ?? ..tolong bantuannya

    ReplyDelete
  20. Sore mas, mohon bantuannya
    Xiaomi yi saya bberapa minggu lalu di pnjem tmen pas blik udah dalam keadaan mati suri dan kalo di carge cuma 3 lampu led saja yg nyala. Udah coba beberpa tutorial jg tapi ttp tidak bisa. Saya sudah patah arah mas 😢

    ReplyDelete
  21. Sore mas, mohon bantuannya
    Xiaomi yi saya bberapa minggu lalu di pnjem tmen pas blik udah dalam keadaan mati suri dan kalo di carge cuma 3 lampu led saja yg nyala. Udah coba beberpa tutorial jg tapi ttp tidak bisa. Saya sudah patah arah mas 😢

    ReplyDelete
  22. Mas yi camku mati gak bisa nyala,terus udah tak coba tutorial un brick tetep gak bisa,tak coba tutorial yang ngecas 3 jam juga belum bisa

    ReplyDelete
  23. Mas mau tanya, kalo udah di hidupin tapi wifinya ndak mau nyala. Habis itu di matiin lagi jadi macet, kalo mau matiin harus copot batre lagi. Itu gimana ya???

    ReplyDelete
  24. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
    Harga dijamin lebih murah!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  25. Slam mas...
    Xiamoi saya mengalami masalah... untuk nyala ok j.. masalah pada saat mau record itungan 6 dtik lgsg mati xiaominya.. anehx saya coba record smbl d cas malah bisa dan on terus... kira2 gmna y ngatasinya mas?

    ReplyDelete
  26. selamat malam mas.
    xiomi saya ketika dihidupkan power nya tidak bisa menyala dan berbunyi "beep" terus dan diikuti 3 led yang menyala.
    bagaimana solusinya?. terimakasih.

    ReplyDelete
  27. xiaomi yi saya juga masalah gan, pertama camera ga mau nyala kalo di cas lampu nyala warna merah melingkar ditombol power. saya coba update firmware namun ketika saya sudah download filenya lalu saya nyalakan kameranya dan akan mulai mengupdate saya malah tekan lagi tombol powernya. dan sekarang kamera saya mati total ketika dicas hanya lampu kecil bagian atas dan bawah yang menyala..tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  28. #help
    gan yi cam ane kalo dinyalakan hidup trus mati sendiri dan 3 led warna merahnya nyala gimana solusinya gan?

    ReplyDelete
  29. Siang bro....mohon bantuannya yicam saya gak bisa baca memory card..udah coba ganti memory tetep gak bisa...mohon pencerahannya...thx

    ReplyDelete
  30. Siang bro...mohon bantuannya...yicam saya gak bisa baca memory card..udah coba ganti memory tetep gak bisa...mohon pencerahannya..thx

    ReplyDelete
  31. Selamat malam mas
    Saya mau tanya untuk xiaomi yi 2
    Asalnya saya pake kameranya itu normal normal aja mas, saya habis bikin video timelapse sunset nah selang beberapa jam saya matikan kameranya, pas saya mau nyalain lagi tiba tiba ngga bisa, saya coba cas dulu dn lampu LED depan indikator cas nyala tapi ttep lcd dan kamera tidak bisa nyala
    Apa penyebabnya di sebabkan kepanasan waktu saya bikin video atau ada penyebab lain?


    Thanks mas

    ReplyDelete
  32. selamat malam mas

    saya sudah coba petunjuknya dan berhasil hidup seperti semula, tapi hari lain saya coba hidupkan bisa hidup kembali normal tetapi pas mau foto malah kembai unbrick lagi ya mas

    ReplyDelete
  33. Mau tanya dong gan. Ini yicam nya suka error kalo batrenya ga di cabut. Terus harus nunggu 2 harian buat normal lagi. Cuma satu kali beep langsung mati. Kira kira kenapa ya? Mohon bantuannyaa. Makasih :)

    ReplyDelete
  34. Bantuin ane gan, ane baru beli xiaomi yi tapi serial numbernya 25L, di web xiaomi yi SN cuma sampe 23S, pas googling ada yg pake SN23L buat update firmware 25L (berhasil dan oke), jadi ane juga pake yg 23L, setelah separoh update lampu biru jadi merah sampe selesai.

    Pas dinyalain lagi tetep merah dan indikasi batre 0% tapi masih bisa digunakan, connect ke hape juga bisa, problemnya lampu indicator camera jadi merah dan batre 0% tapi bisa digunain dalam waktu yg normal.

    Apakah itu brick?
    Gimana cara biar batre terdeteksi jumlah dayanya?

    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  35. Selamat malam mas, xiaomi yi saya lampu indikatornya terus berkedip 4kali,lalu berkedip lagi 4kali terus begitu, juga ga bisa dimatiin .. Saya sudah coba ikutin toturial yang diatas FIle .bin dan .ash seharusnya tidak ada (tetapi pas punya saya masih ada) dan ga bisa digunakan xiaomi yi nya ? Adakah solusinya mas azmi?

    ReplyDelete
  36. Permisi sesepuh..
    Saya punya beberapa kendala dalan kamera xiaomi saya. Kamera saya pertama mengalami kasus yg hampir sama seperti teman yg laim d atas, lalu saya mencoba tuk mengupdate frimware nya setalah itu xiaomi saya smpai skrg lampu power nya berkedip terus menerus tanpa bisa d matikan (kecuali cabut baterai). Gmana solusi nya.? Makasih.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. agan semua yang ada disini, ane pengen curhat. yi cam ane awalnya ga bisa konek wifi. indikator wifinya nyala terus(kalo kedap kedip artinya lagi nyari jaringan kan?!) nah karena hal tersebut, ane mencoba untuk update frimware, karena ane fikir mungkin ini bisa menyelesaikan masalah. eh ternyata oh ternyata, yi cam ane malah makin kacau. sekarang kalau ane pencet tombol power(bunyi bip pertama), dia cuma kedap kedip led power+led recording atas bawah, disertai bunyi bip 2kali dan terus berulang tanpa selang waktu (total bip sebanyak 3 x). berbagai cara sudah ane coba untuk format memori terus ane copy autoexec.ash+firmware.bin kemudian colok ke yi tapi hasilnya begitu lagi.cuma bip 3x plus led power+record atas bawah yang terjadi berulang ulang sampe akhirnya ane nyerah. siapa tau agan disini ada yang punya pengalaman sama, atau bisa menyelesaikan masalah ini mohon berikan pencerahan.

    terima kasih

    ReplyDelete
  39. Maaf masss mau tnya nihh yi cam sya bunyi beep beep trus dk lampu berwarna biru merah pas di hudupin solusinya gimna yaa mass, waktu itu ada pembaruan firmwarenya tpi sma sya dibiarin tdak di update, solusinya dong mass

    ReplyDelete
  40. alamdulillah , ane ikutin carannya berhasil , dan yi ane jadi kembali normal . terimakasih gan , semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  41. Selamat siang mas ini saya habis update firmware.bin setelah di update kenapa waktu mau makai kok wifinya nyala terus dan tidak berkedi kedip sudah berapa kali saya ikutin di youtube alhasil nihil mohon pencerahanya

    ReplyDelete